4 Oktober 2013

Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen - Sebuah keajaiban alam menakjubkan dan jarang terjadi, ternyata ada di Indonesia, tepatnya di daerah Grobogan Jawa Tengah. Di tempat ini ada 3 Tempat Keajaiban Alam yang berada di satu kawasan, yaitu Mrapen.


1.      Api Mrapen
Api yang keluar dari perut bumi ini merupakan fenomena geologi alam, yaitu berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah yang tersulut api. Api tersebut selalu menyala sepanjang hari dan tak pernah padam walau hujan turun. Masyarakat setempet kemudian menamakan api ini sebagai Api Abadi, karena tak lenyap termakan oleh zaman.
Faktanya keajaiban yang ada pada api Mrapen ini ternyata dimanfaatkan sebagai sumber obor untuk prosesi ritual umat Bhuda pada saat perayaan Waisak setiap tahunnya.
Selain untuk ritual keagaaman, api Mrapen ini menjadi sumber obor pesta Olahraga Nasional dan Internasional, antara lain Ganefo pada tahun 1963, POR PWI pada tahun 1983, PON dan HAORNAS.

Api Mrapen


2. Sendang Dudo
Sendang Dudo merupakan sebuah kolam air yang cukup besar dimana air dikolam tsb. selalu terlihat bergelembung seperti mendidih. Uniknya meskipun terlihat mendidih namun bila dipegang air tsb tidaklah panas. Hal ini disebabkan adanya gas bertekanan yang menyembur dari dalam perut bumi. Akibat tekanan gas tersebut timbulah gelembung-gelembung air dibagian permukaan kolam. Faktanya kolam air Sendang Dudo tidak pernah mengalami kekeringan meskipun dimusim kemarau sekalipun. Selain itu air yang terdapat di Sendang Dudo dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit dan rematik. Hal dimungkinkan karena air di Sendang Dudo ini mengandung unsur belerang, kalsium dan magnesium.

Sendang Dudo

3.      Batu Bobot
Batu Bobot adalah batu yang dikeramatkan oleh warga setempat ini diyakini dapat mengabulkan semua permintaan, syaratnya saat akan mengangkat batu sebrat 20 kg ini harus dalam keadaan duduk, jika ia kuat mengangkat batu ini, konon segala permintaan orang tsb. akan terkabulkan.


Batu Bobot

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top