Share

12 Agustus 2017

RAPI Net Control Station JZ27ZWH

RAPI Net Control Station JZ27ZWH - Catatan : Artikel ini hanya diperuntukan bagi calon anggota RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) yang sama sekali belum tahu seluk-beluk seputar radio komunikasi. Di RAPI kita akan diperkenalkan pada satu kegiatan yang bisa dikatakan rutin walau tidak terjadwal ataupun terjadwal, yaitu Net Control Station (NCS). Dalam kegiatan NCS atau 10-98 ada pengendali NCS disebut Lurah Net. Yang bertugas sebagai Lurah Net biasanya bergilir dari Anggota RAPI.

RAPI Net Control Station JZ27ZWH

Dalam melaksanakan tugas Net Control Station RAPI, Lurah Net harus mempersiapkan alat bantu NCS, buku sebagai Log Sheet atau bisa juga kompi/laptop. Pulpen/Ball Point, kopi hangat dan penunjang lainnya agar hal-hal kecil tidak mengganggu aktifitas 10-98 yang akan segera berlangsung. Memanggil pembantu tugas diantaranya satu station yang dianggap bisa menerima rekan dari jauh bilamana radio kita tidak bisa menerima dengan sempurna 10-14 dari rekan jauh tsb.Persipkan juga pembantu yang bertugas memutar lagu Mars RAPI dan Anthem Indonesia Raya. Terakhir persiapkan satu rekan untuk membacakan Kode Etik dan Panca Bhakti RAPI

Saya ambil kutipan dari Acara 10-98 RAPI Net Control Station JZ27ZWH tadi malam 11 Agustus 2017 Wilayah Lokal 08 RAPI Serui. Yang bertugas sebagai Pengendali NCS adalah Bapak Umar Said JZ27HDG.

Langkah Awal dalam tugas 10-98 :

1. NET CONTROL STATION (LURAH NET)
Kosongkan Kanal (Frequency)
Kepada seluruh anggota RAPI dan simpatisan yang sedang mempergunakan Kanal JZ27ZWH dipersilahkan 10-50 ,dikarenakan kanal JZ27ZWH akan dipergunakan kegiatan NET RAPI WILAYAH 08 SERUI. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
Break……… 10-50 , Break………. 10-50 , Break……… 10-50
Kegiatan NET RAPI WILAYAH 08 SERUI akan segera dimulai...

2. SALAM PEMBUKAAN
Beragam salam karena anggota RAPI Wilayah Lokal 08 Serui adalah datang dari berbagai multi-ethnis dan beragam Agama.
Salam RAPI 51-55,
             Pada malam ini : Jum'at
             Tanggal        : 11 Agustus 2017
             Pukul           : 20:05 WIT
Kegiatan NET RAPI Wilayah 08 Serui kami nyatakan dibuka.
Pada malam hari ini yang bertugas 10-98 pada JZ27ZWH adalah :
            JZ27HDG, Operator Umar Said, 10-20 di Jl.Sumatera
Dibantu oleh :
           JZ27HFK, Operator Farid Pardiansah, 10-20 di Jl. Mangga sebagai petugas yang akan membacakan kode etik dan Panca Bakhti Radio Antar Penduduk Indonesia.
           JZ27XD, Operataor Edi Sutanto 10-20 di JL. Kopi sebagai pemutar Lagu Mars RAPI dan Athem Indonesia Raya.

3. NET CONTROL STATION  ( NET PENGENDALI )
Selanjutnya akan dibacakan Kode Etik dan Panca Bakhti Radio Antar Penduduk Indonesia. Kepada JZ27HFT, kami persilahkan...disini...JZ27HDG 10-23.

4. PETUGAS PEMBACA KODE ETIK dan PANCA BHAKTI RAPI
Jika Net Holder sudah mempersilahkan untuk membaca, petugas pembaca langsung membaca kode etik, baru setelah selesai membaca kode etik RAPI, petugas memperkenalkan diri dan berbagi salam

NEXT >>> RAPI Net Control Station JZ27ZWH bag.2

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top