Share

28 Agustus 2017

Saraba Atau Sereba, Mana Yang Lebih Menghangatkan

Saraba Atau Sereba, Mana Yang Lebih Menghangatkan - Wisata Kuliner Sereba - Untuk urusan minuman menghangatkan juga menggiurkan ini mungkin Bunda Yoda-lah maituanya Bpk. Mukhalikin salah seorang penyiar senior RRI Serui yang bisa menjelaskan juga memberi resep Cara Membuat Minuman Wedang Saraba ini.

Saraba yang ngetop di Serui karena minuman hangat ini suport untuk diminum pada segala jenis keadaan cuaca adalah minuman Khas Makasar. Sedangkan Sereba adalah minuman Khas daerah Alor, Nusa Tenggara Timur. Sereba telah lama dikonsumsi masyarakat Alor yang tinggal di daerah pegunungan. Keunikan Sereba ini adalah bahan dasarnya dari jagung semata dan air matang.

Saraba Atau Sereba

Sereba tentu berbeda dengan Saraba dari Makasar walau namanya hampir mirip. Proses pembuatan Sereba terbilang unik juga bila dibandingkan dengan minuman-minuman hangat lainnya di negara Indonesia ini. Dalam membuat Sereba, jagung terlebih dahulu dibakar secara merata hingga hangus dan berwarna hitam.

Sereba Alor

Setelah proses pembakaran diperkirakan matang yang merata, jagung dimasukan kedalam air panas yang mendidih. Jagung kemudian diaduk bersama air panas, hal ini bertujuan agar saripati jagung dapat larut dan menyatu bersama air.

Lalu bila di Serui cuaca lagi dingin begini, manakah yang lebih bisa menghangatkan...
Sereba ataukah Saraba ?

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top