25 Agustus 2017

Wukuf Adalah Inti Pelaksanaan Ibadah Haji

Wukuf Adalah Inti Pelaksanaan Ibadah Haji - Ada Bulan Besar di tahun ini yang Bulannya bertepatan dengan HUT RI ke-72. Bulan Agustus dan Bulan Haji (Bulan Dzulhijjah). Bulan Haji atau Musim Haji sekarang ini bertepatan dengan bulan dimana seluruh warga Indonesia bersuka cita menyambut hari kemerdekaan negaranya. Karena hal ini pula ada warga RAPI Serui yang memberikan nama anaknya dengan nama Arafah.

Wukuf adalah Inti Pelaksanaan Ibadah Haji

Arafah adalah nama sebuah gunung di Mekah, tempat dimana Baginda Rosul Muhammad SAW berpidato didepan kaumnya untuk yang terakhir kali. Hari Arafah adalah hari ke-9 dalam bulan Dzulhijjah dan merupakan hari ke-2 dalam ritual ibadah haji, yakni Wukuf.

Hari Arafah merupakan hari yang istimewa karena pada hari itu Allah SWT membanggakan hamba-Nya yang berkumpul di Arafah kepada para malaikat. Di Padang Arafah ini Alloh bebaskan umat manusia dari api neraka. Tiada hari Alloh bebaskan umat manusia dari api neraka sebanyak di Hari Arafah.

Wukuf adalah upaya mengasingkan diri atau mengantarkan diri ke suatu “panggung replika” padang Masyhar. Suatu tamsil bagaimana kelak manusia dikumpulkan di suatu padang Masyhar dalam formasi antri menunggu giliran untuk dihisab oleh Allah SWT.

Wukuf adalah suatu contoh sebagai peringatan kepada manusia tentang kebenaran Illahi. Status hukum Wukuf di Arafah adalah Rukun Haji yang kalau ditinggalkan maka Haji-nya tidak sah, dengan kata lain Wukuf Adalah Inti Pelaksanaan Ibadah Haji.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top