18 September 2017

Bambu Dengan Ragam Keunikannya dan Mitos

Bambu Dengan Ragam Keunikannya dan Mitos - Hayawang - Di rumahku yang dulu sengaja uwak menawan serumpun pohon bambu kuning yang entah untuk apa maksud dan tujuannya. Dari rumahku yang dulu ke tempat pengajian (madrasah/masjid) tidak terlalu jauh, hanya saja melewati serumpunan pohon bambu biasa di tebing pinggir jalan raya. Sementara tebing pas belokan tsb merupakan jalan kecil bertangga-tangga menuju ke madrasah.

Bambu Dengan Ragam Keunikannya dan Mitos

Sepanjang jalan Ciamis-Cirebon adalah jalan yang sangat rawan kecelakaan. Karena kontur daerahnya yang berbukit-bukit dan jalan yang berkelok-kelok, terutama sudah masuk musim penghujan sering terjadi longsor, jalan menjadi sempit dan licin. Daerah kelahiran admin adalah sebuah desa yang dijuluki "Daerah Anti Copet/Maling - Anti Jeger". Di Hayawang desa Winduraja inilah tak pernah ada maling ataupun copet, copet dari arah mana saja kalau naik bis yang lewat Hayawang pasti selalu tertangkap di Hayawang.

Hayawang Rawan Longsor

Biasanya tepat jam 17.00 saya sudah ada di madrasah, namun hari itu saya terlambat hingga berangkat ke madrasah tsb.selagi adzan magrib berkumandang. Meskipun agak sedikit takut namun terpaksa saya berangkat karena tugas mengaji waktu itu adalah kewajiban rutin kedua setelah sekolah.

Hayawang Daerah Anti Maling

Pas melewati rumpun bambu tadi terdengar suara berisik cicitan anak-anak ayam, setelah hilang suara anak-anak ayam tsb ada sekelebatan benda yang terbang dengan wujud menyerupai manusia namun terlihat samar karena suasana sudah mulai  gelap. Tanya ke ustadz di madrasah itu adalah sosok kuntilanak.

Satu malam, kakaknya ayahku harus pergi ke rumah nenek berdua dengan anaknya bibi karena nenek sakit. Masa itu di Hayawang-ku belum masuk listrik. Masuk jam 20.00 saja suasana desa sudah hening, tepat waktu itu hujan rintik-rintik.Sekitar 500 meteran antara rumah nenek dan kakak ayahku.

Pulang dari rumah nenek sekitar jam 23.00-an. Kurang lebih sekitar 20 meteran lagi sampai rumpun bambu tadi terlihat didepan kakak ada 2 orang menuntun motor yang mogok. Berjalan searah dengan kakaknya ayahku(uwak), namun dua orang tadi ada didepan dengan jarak agak cukup jauh. Pan sampai rumpun bambu itu kedua orang tsb. menghilang.

Alam banyak melahirkan bermacam bentuk bambu, manfaat, kegunaan serta keunikannya. Keunikan tsb.bisa meliputi batang, ruas dan ranting. Bambu normal biasanya berbatang lurus mulai dari pangkal hingga ujung dan tidak bercabang.

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Bambu diklasifikasikan ke lebih dari 10 genus dan 1450 spesies.

Terdapat dua bentuk bambu secara umum, yaitu bambu berkayu dari suku Arundinarieae dan Bambuseae, dan bambu rerumputan dari suku Olyreae. Analisis molekuler dari pastida menunjukkan bahwa terdapat 3 ~ 5 garis keturunan utama dari bambu.

Banyak manfaat dari Bambu, tunas bambu bisa menjadi kuliner yang disebut rebung. Suling, Angklung, Calung adalah sebagian kecill alat musik yang dibuat dari Bambu. Bambu hitam dibikin bilik rumah menjadi satu ayaman yang mempunyai nilai seni tinggi.


Nach.... ini yang unik dari bambu, Mitos
Banyak mitos berkembang di masyarakat, dari larangan melangkahi pohon/batang bambu yang membungkuk. Larangan bermain dibawah rerimbunan pohon bambu. Mitos bambu kuning sebagai pagai gaib karena membawa energi positif bagi rumah, dan mitos-mitos lainnya.

Bambu sering di identikan dengan rumahnya wewe gombel dan genderuwo, bahkan disukai oleh kuntilanak. Apalagi biasanya pohon bambu ini tumbuh bergerombol. Hal ini dipercaya membuat mahluk-mahluk tak kasat mata ini semakin suka. Konon banyak orang yang sering meilhat berbagai penampakan dibalik kerimbunan bambu-bambu yang menjulang.

Mitos yang ada memang sudah berkembang secara turun temurun dan saling nyambung-menyambung antar generasi dan diluar akal logis manusia. Namun hal ini kita kembalikan saja pada pribadi masing-masing untuk percaya atau tidak.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top