Share

16 September 2017

Cara Mudah Mengganti Mesin TV Tabung

Cara Mudah Mengganti Mesin TV Tabung - Meskipun keberedaan TV LCD/LED lebih diminati karena banyak keunggulannya, namun tidak serta merta TV Tabung hilang dari peredaran. Di Serui masih banyak koq yang punya tv tabung, saya yakin di daerah luar kota Serui masih banyak terdapat televisi tabung ini.

Mesin TV China

Oh ya kawan, kenapa saya share Cara Mudah Mengganti Mesin TV Tabung ini disini dan kali ini, maksudnya tidak bertahap dari mengenal lebih dekat dengan Televisi atau mengenal bagian-bagian televisi ? Alasan pasti karena saya lagi "membalas sms" karib saya yang diseberang pulau, beliau lagi kesulitan memasang mesin tv yang baru beliau kenal dan baru beliau beli dari toko saya. 

Serpice sieh, tapi serpis yang hanya bermodal keberanian saja. Tapi sungguh saya salut, karena kemauannya cukup tinggi untuk bisa serpis elektronika. Dengan sms ini tak detiel menerangkan dengan gambar apalagi jaringan mms serui tak memungkinkan untuk salah-satu provider yang sedang saya gunakan.

Cara Membuang Tegangan Sisa Pada Tabung CRT
Membuang Setrum Tegangan Tinggi (tegangan sisa)

Sebelum berlanjut pada pemasangan pcb mesin televisi china ini sebaiknya sobat baca dulu artikel Er'end Net tempo waktu untuk mengenal lebih dekat pada kotak persegi empat dengan gambar bergerak dan menghasilkan bunyi ini yang bisa membuat kita baper dengan tayangan sinetronya atau bisa membuat kita bahagia karena tim sepakbola kesayangan kita menang bertanding.

Ya baca disini :
- Cara Pemasangan Mesin TV China berbagai merk
- Petunjuk Instalasi Dan Cara pemasangan PCB Mesin TV China

PCB Mesin TV China

Di Toko Yapen Kompunter Serui terdapat berbagai merk Mesin TV China, diantaranya Wansonic, WCom, Mesintv.com, Hui Jia, dan lain sebagainya. Yang ngetop di Serui adalah mesin-mesin TV yang telah saya absen diatas. Nach untuk mencoba memasang mesin tv china ini sendiri kita harus memperhatikan keselamatan kerja juga keselamatan untuk perangkatnya semisal tabung CRT dan mesinnya itu sendiri.

Tabung CRT TV Slim

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah membuang setrum tegangan tinggi yang ada pada tabung CRT itu sendiri. Caranya dengan membuangnya pada lempengan besi yang ada dipinggir tabung, atau list tabung crt tsb. dengan menghubung singkatkan lobang tabung CRT dengan list tadi memakai kabel avometer atau kabel lain. Setelah betul-betul terbuang baru kita melangkah ke pemasang mesin tv china.

Tabung CRT TV Biasa

Oh ya kawan, ada dua jenis tabung CRT yang lajim dan sering kita jumpai, yakni tabung CRT biasa bentuknya agak lonjong kebelakang. Dan ada tabung CRT Slim bentuknya agak pipih dan "gelung" Yoke-nya juga berbeda dengan yoke tv biasa. Mengingat tabung CRT tsb.ada 2 macam, maka Mesin TV China juga terdapat 2 jenis mesin, yakni Mesin TV Biasa juga Mesin TV Slim, jadi sobat jangan sampai salah beli mesin tv china. Insya Allah nanti kita akan bahas tersendiri mengenai :

- Cara Mudah Mengetahui Tabung CRT TV Rusak
- Cara Mudah Memperbaiki Tabung CRT Yang Redup
- Cara Membuat Alat "chas" Tabung TV Redup Agar Nyalanya  Normal Kembali

Diatas adalah prosedur keselamatan untuk memasang mesin tv china dengan cara yang baik dan benar. Lalu dibawah ini adalah Petunjuk Dasar Instalasi Dan Cara pemasangan PCB Mesin TV China untuk sobat perhatikan.

1. Pemasangan Kabel Defleksi Yoke
Pastikan resistansi horisontal yoke sobat antara 1 ohm sampai 2,2 Ohm. Bila tidak dibatas resistansi tadi maka ganti dan rubah yoke sobat. Pada mesin yang kita beli didalam kardusnya sudah komplit bahan penunjang untuk merakit atau memasang mesin tv china ini pada tabungnya. Sobat silahkan lihat dan cari kabel untuk yoke.

Kabel Yoke

Colokan kabel yoke pada papan pcb mesin tv china, lalu kabel warna Merah dan Biru sambungkan pada kaki Yoke Horisontal. Kabel Putih dan Hitam sambungkan pada kaki Yoke Vertikal. Posisi kaki Yoke Horisontal biasanya terdapat di paling depan diantara deretan kaki yoke tsb.dan paling belakang adalah kaki bagian vertikal. Posisi ini berlaku bila posisi duduk kita menghadap yoke (lihat gambar/yoke membelakangi kita).

Posisi Kaki Yoke

Dalam pemasangan kabel yoke ini harus benar-benar teliti karena bila terbalik memasang kabel akibatnya akan fatal pada IC Vertikal. Terbalik kabel horisontal dipasang dibagian vertikal !

2. Pemasangan Kabel Ground Tabung CRT
Hubungkan kabel ground dari tabung ke pin yang terletak di PCB soket CRT. Langkah ini sering dilupakan apalagi bila kerja dikejar target, jika lupa maka sobat harus menanggung akibat dari lupa ini. Sobat harus mengganti IC Program TV dengan yang baru karena IC terpasang bisa rusak akibat loncatan bunga api tegangan tinggi dari tabung crt.

3. Pemasangan Kop Playback ke Tabung CRT
Sebaiknya daerah disekitar lobang tabung CRT dikeringkan dulu (bebaskan dari minyak dan air yang menempel) dengan cara mengelapnya dengan tisu atau lap kering. Ini dimaksudkan agar tidak ada kebocoran, kebocoran ini bisa mengakibatkan kerusakan chasis atau papan PCB secara total.

Langkah berikut adalah langkah terakhir dari pemasangan TV China
4. Pasangkan kabel antena, sensor remot, panel tombol dan panel Audio Video dengan benar.
5. Pasang kabel power atau power switch pada papan pcb mesin tv china.

Untuk memastikan pemasangan mesin televisi ini dengan benar silahkan cek ulang langkah-langkah diatas siapa tau ada yang terlupakan untuk dipasang.

Catatan:
Setiap Mesin TV China yang kita beli tentunya sudah lolos uji atau sudah melalui pengetesan, baik itu di toko tempat kita membeli ataupun di pabriknya. Namun nyatanya dalam pemasangan tak selamanya mesin tsb. sudah pas dari tabung CRT atau Yoke yang kita punya. Kita masih perlu untuk mengatur Tinggi Gambar atau Lebar Gambar juga Mengatur Warna dengan membuka Kode Menu Factory Mesin TV China tsb. Kode ini akan kita ulas pada;

 - All Menu Code Factory TV atau All TV Service Menu Code pada artikel mendatang.

Selamat Menonton siaran kesukaan sobat, happy mesin tv baru :P !

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top