Share

5 September 2017

Cerita Unik Dan Sepenggal Kisah Dari Rantang

Cerita Unik Dan Sepenggal Kisah Dari Rantang - Kalau Om Budi dalam Tips Wisata Murah didenda Rp.20jt hanya karena gara-gara Rantang, beda kisah dengan Om Er'end. Er'end Net punya Cerita Unik sedikir romantis tapi ada juga yang sedikit  menyayat hati :P. Sahabat, penasaran dengan Ceita Unik dan Sepenggal Kisah dari Rantang ini ?

Cerita Unik Dan Sepenggal Kisah Dari Rantang

Rantang, di Indonesia sendiri benda kecil ini erat kaitannya dengan acara-acara besar semisal Idul Fitri, Idul Adha, acara Pesta Pernikahan dan acara lainnya. Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri keberadaan rantang ini sangat diperlukan untuk melakoni Tradisi Antar-Antar Makanan di acara Munggahan. Satu saat sang Admin pernah menitipkan surat cinta didalam rantang ini pada acara Munggahan tsb. Hasilnya sekarang adalah yang jadi pendamping seumur hidup admin :P

Cerita Unik Rantang

Lain cerita di Papua, kita mengenal Rantang dari istilah Rantangan. Rantangan disini istilah yang diterapkan untuk pengganti kata "Katering". Sebagai pekerja kontrakan yang tanpa didampingi sang istri ketika bertugas, Rantang ini jadi teman hidup yang setia, selalu ditunggu kehadirannya.

Kenapa Rantang bisa punya cerita yang menyayat hati ? Konon sebelum maitua datang ke Serui ini, untuk melaksanakan ibadah sahur di bulan Ramadhan harus bela-belaan bangun dari jam 1 dini hari karena harus menjemput Rantang dari Rumah Katering. Lalu ketika stok Rantangan tidak mencukupi, kita harus bela-belaan membuat sendiri makanan yang bersipat instant dari mie agar bisa sahur.

Sejak dulu Rantang terbuat dari Alumunium dan Enamail, adapun rantang yang berasal dari India kita mengenalnya dengan sebutan Tiffin. Rantang Unik ada di China, mereka membuatnya dari keramik. Lain lagi di Jerman, rantang Jerman dibentuk lebih variatif dan cenderung polos tanpa ornamen. Demikian Sepenggal Kisah Dari Rantang yang membuat kesan tersendiri bagi admin.

Rantang Jerman

Ada Cerita Unik dari Rantang yang berhubungan dengan sejarah bangsa Indonesia ini. Yakni pada masa pemerintah presiden pertama kita Soekarno, rantang punya peranan penting sebagai wadah makanan bagi Bpk Presiden Soekarno ketika dipenjara, juga dipakai sebagai tempai menyembunyikan sandi perjuangan yang dikirimkan oleh Ibu Inggit Garnasih.

Ibu Inggit Garnasih rajin menjenguk dan membawakan makanan untuk Pak Soekarno. Kala itu Ibu Inggit masih bisa memberi informasi pada Pak Soekarno dengan cara melubangi kulit telur asin sebagai kode yang telah disepakati dengan pak Soekarno. Tentu saja kode ini tak akan diketahui oleh sipir penjara karena selain bekas lubang jarum pada telor asin sukar dilihat, juga telor asin tsb,diserahkan bersama makanan untuk Soekarno sebagai tahanan dalam satu sel.

Satu lagi yang Unik dari Rantang,  ternyata Rantang punya kelebihan dibanding wadah makanan lainnya. Rangtang kebanyakan dibuat dari bahan enamel, bahan ini mampu menahan suhu pada makanan.sehingga makanan bisa lebih awet panasnya, selain itu rantang membuat makanan tidak berantakan.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top