18 September 2017

Hipertensi Alias Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi Alias Tekanan Darah Tinggi - Sorry kawan, bukannya tidak serius membahas Hipertensi ini cuma Tensimeter atau Sphygmomanometer saya terlalu kecil untuk dibikin foto pengantar pada artikel ini. Makanya saya dekatkan saja dengan Avometer, mudah-mudahan kedua alat ukur ini tidak bertengkar :P

Hipertensi

Kenapa Tekanan Darah Tinggi alias Hipertensi ini saya share di Er'end Net? Alasan pasti karena beberapa kali saya pernah diserang tekanan darah tinggi ini padahal tak nenek-moyangku tak pernah punya riwayat penyakit tekanan darah tinggi ini, semuanya darah rendah. Maklum orang rendah...hehe

Bisa jadi karena saya terlalu suka bakwan dan Mie Instant. Mie Instant mempunyai kandungan sodium terlalu tinggi, sedangkan bakwan kandungan minyak gorengnya yang menjadi penyebab. Efek sodium menyebabkan tekanan darah naik atau tinggi sehingga menyebabkan tubuh kita berisiko terkena penyakit jantung.

Perlu sobat ketahui bahwa penyakit Hipertensi adalah termasuk pada penyakit yang tidak menular tapi berkategori silent killer artinya dia dapat membunuh secara diam-diam. Menurut hasil suvei dokter bahwa 76% dari penderita Hipertensi itu tidak mengetahui bahwa dirinya menderita Hipertensi, hingga pada akhirnya si Hipertensi ini menyerang organ-organ didalam tubuh. Baru ketika orang terkena serangan jantung atau stroke dia baru sadar bahwa penyebabnya adalah Hipertensi.

Gejala Hipertensi sangat umum, mirip dengan orang kelelahan karena kurang istirahat, seperti pegal-pegal, kaku dileher, sendi-sendi terasa linu, lebih tepatnya mirip seperti orang masuk angin. Jika hal ini sering terjadi pada diri sobat jangan dianggap remeh karena bisa jadi sobat lagi terproses Hipertensi. Meskipun tidak menular, hipertensi merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kenaikan tekanan darah diatas normal.

Untuk mencegah Penyakit Hipertensi adalah mengecek secara berkala tensi darah kita. Kedua adalah merubah pola makan yang buruk, ganti dengan pola makan sehat. Hentikan menyukai makanan yang berkategori "gorengan" seperti bakwan tadi.dan babaladannya. Cukupkan jam istirahat sobat, karena orang kurang istirahat cenderung tingkat stresnya lebih tinggi. Stres ini memicu pembuluh darah memelar, setelah memelar tentu pecah, setelah pecah tentu tekanan darah akan meninggi.

Demikian sekilas mengenal Hipertensi, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Selalu jaga kesehatan sobat karena sehat itu mahal !

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top