Share

13 September 2017

Jadilah Ahli Dalam Memakmurkan Masjid


Jadilah Ahli Dalam Memakmurkan Masjid - Dulu Masjidku hanya bertiangkan kayu, dulu Masjidku masih beratapkan rumbia. Tapi semangat untuk memakmurkan masjid terus tumbuh dan membara. Lain halnya dengan jaman sekarang, Masjid terlihat hampir tiap RT tersedia dengan segala kemegahannya, namun kita tak akan pernah melihat hal yang sama dalam hal memakmurkannya. Rindu masjidku, rindu surgaku.

Gambar Masjid Ilustrasi Google

Sejatinya memakmurkan Masjid seperti yang diperintahkan Allah Swt.melalui Rosul-NYA adalah mengisinya dengan ibadah, shalat berjamaah, tilawah Al-Qur'an, dan dzikir yang syare'atnya telah Rosulluloh ajarkan serta mengadakan berbagai kajian ilmu agama, inilah hakikat dari memakmurkan masjid.

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

خير البقاع المساجد وشرها الأسواق

Sebaik-baik tempat adalah masjid dan seburuk-buruk tempat adalah pasar” (HR. Ibnu Hibban dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 3271)

Wahai sahabatku, sungguh aku rindu bersama-sama memakmurkan rumah-rumah Allah. Ketahuilah sahabatku bahwa shalat berjamaah di masjid itu hukumnya wajib bagi laki-laki. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu dia berkata, Rosulluloh Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: 

"Shalat yang paling berat dirasakan bagi orang-orang munafik adalah shalat Isha dan Shalat Shubuh, sekiranya mereka mengetahui keutamaannya niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang  sehingga shalat didirikan, kemudian ku suruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama bebrapa orang membawa kayu bakar, mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka" (HR Al Bukhari dan Muslim).

Bahkan orang buta sekalipun diwajibkan untuk shalat berjamaah di Masjid.

Begitulah yang kurasakan di pagi hari ini di sebuah pulau nan indah yang Allah ciptakan. Aku berharap dapat melepaskan rindu ini bersama-sama memakmurkan masjid sesuai tuntunan Nabiyunda Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Ya Allah jadikanlah aku ahli dalam memakmurkan rumah-rumah Mu, kelompokan aku pada orang-orang yang Gemar Memakmurkan Masjid, Aamiin.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top