Share

1 September 2017

Jaga Diri Dari Kolesterol

Jaga Diri Dari Kolesterol - Hasil riset Data Kesehatan Dasar tahun 2013 menyatakan bahwa 60% penduduk Indonesia mempunyai kadar kolesterol jahat diatas nilai optimal. Idul Adha, ini dia salah satu penyumbang kolesterol terbanyak. Gimana tidak, nganjang sana-sini (silaturahmi sama sanak-saudara) pasti kita disuguhi makanan enak-enak hasil olahan khas Hidangan Idul Adha. Kalau tidak sate kambing ya daging rendang .....:P

Jaga Diri Dari Kolesterol

Hidangan Idul Adha ini pastinya menggugah selera, tapi hati-hati berbagai olahan makanan berbahan dasar daging sapi dan kambing ini berpotensi meningkatkan kolesterol. Kandungan lemak jenuh pada daging sapi dan kambing inilah yang memicu kolesterol dalam darah kita meningkat.

Kaku pada tengkuk, pusing dan migran hingga badan terasa lemas adalah gejala awal kolesterol. Kalau dibiarkan dan tidak diobati kolesterol dapat memicu penyakit lainnya seperti jantung dan stroke. Lalu bagaimana caranya menjaga kadar kolesterol tubuh agar tetap stabil dan perayaan Idul Adha tetap meriah?

Dalam dunia medis Kolesterol dikenal ada dua jenis, yakni kolesterol jahat (LDL/Low Density Lypoprotein). Makin tinggi kadar LDL seseorang maka makin besar peluang terkena serangan jantung atau stroke. Dan ada kolesterol baik (HDL/High Density Lypoprotein). Makin tinggi kadar HDL sesorang maka makin bagus untuk kesehatannya.

Mengetahui kadar kolesterol dalam darah merupakan upaya bijak dari pencegahan penyakit-penyakit akibat koleterol ini. Klasifikasi LDL dan HDL Kolesterol dalam (mg=miligram/dl=desiliter darah) adalah:
LDL Optimal < 100
HDL Pria : 40-60
HDL Wanita : 50-60
Kolesterol < 200


Untuk Jaga Diri Dari Kolesterol jahat adalah biasakan hidup sehat dengan cara menerapkan pola makan yang sehat, olahraga teratur dan cek secara berkala kadar kolesterol darah anda ke dokter atau rumah sakit.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top