Share

8 September 2017

Jangan Abaikan Susah Tidur Atau Insomnia

Jangan Abaikan Susah Tidur Atau Insomnia - Di Serui terutama pada rekan-rekan pengguna Radio RAPI telah muncul istilah "Tak Ada Yang Sulit Di Negeri ini, Kecuali Tidur Tempo". Mungkin karena kesukaan akan radio tersebut (atau memang karena banyak masalah hidup yang mesti dipikirkan) banyak rekan saya yang tidurnya baru bisa setelah Adzan Subuh, termasuk saya.

Jangan Abaikan Susah Tidur Atau Insomnia
Gambar Ilustrasi Google

Hai tetangga sebelah...,"Penyakit" Insomnia itu tidak sama dengan Penyakit Hernia, penyakit Hernia adalah penyakit biji yang timbul akibat ditinggal istri terlalu lama...wakakak. Tapi entahlah apa iya Insomnia masuk pada kategori penyakit atau tidak saya kurang paham karena saya adalah dokter khusus yang menangani masalah biji diatas....:P

Tidur adalah suatu kegiatan alami yang merupakan keadaan tidak sadar untuk memungkinkan tubuh kita beristirahat. Sulit menentukan ukuran tidur normal bagi setiap orang karena kebutuhan tidur masing-masing orang berbeda. Namun apabila kurang tidur, terutama tidur malam maka kondisi tubuh kita tidak akan cukup fit untuk melakukan aktifitas di siang harinya. Hal ini umumnya sering terjadi pada orang yang menderita Insomnia atau sulit tidur.

Berdasarkan penilitian medis umumnya orang yang kesulitan tidur atau Insomnia cenderung lebih khawatir dan tertekan, kurang bahagia, lebih sering mengantuk, lelah secara mental dan kurang percaya diri. Insomnia dapat bersifat sementara, namun ada juga yang berlangsung lama.

Banyak Penderita Insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya. Umumnya obat-obatan diberikan ketika Insomnia sudah mengganggu kegiatan sehari-hari. Tapi ingat penggunaan obat untuk membantu tidur harus melalui konsultasi dengan dokter, mengenai manfaat dan efek sampingnya.

Insomnia

Kriteria Insomnia menurut dokter dr.Adhi Wibowo, Insomnia dianggap sebagai gangguan tidur apabila si penderita tidak bisa tidur atau sulit tidur 3 X atau lebih dalam seminggu kemudian dialami lebih dari 1 bulan lamanya.

Penyebab Insomnia bisa bermacam-macam. Bisa di akibatkan karena defresi, cemas, mengkonsumsi obat-obatan/pecandu narkoba, bisa juga karena ada penyakit pisik lainnya.

Cara Mencegah Insomnia adalah adalah mengetahui bagaimana tidur yang sehat/sleep hygiene atau dengan kata lain merubah pola tidur. Perhatikan hal berikut untuk mencegah Insomnia.
1. Minum susu hangat ketika mau tidur.
2. Tidur hanya ketika mau tidur.
3. Tempat tidur hanya untuk tidur.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top