14 September 2017

Kumpulan Pepatah Bijak Mutiara Kata Kehidupan Terbaru

Kumpulan Pepatah Bijak Mutiara Kata Kehidupan Terbaru - Berawal dari kecelakaan lalu lintas di depan tempat gaweku, pengendara motor menabrak pejalan kaki. Sayalah orang terdekat yang berada di Tempat Kejadian Perkara. Hanya mendengar namun tidak melihat, mendengar saat sepeda motor tsb.jatuh ke aspal..., gubraaak !

Kumpulan Pepatah Bijak Mutiara Kata Kehidupan Terbaru
 Gambar Ilustrasi Google

Ya sobat, siang tadi saya dapat panggilan polisi untuk menjadi saksi atas kecelakaan tersebut. Hanya 10 pertanyaan saja yang diajukan bapak polisi untuk kronologi kejadian kecelakaan lalu lintas ini. Tapi Bukan hal ini yang menjadi tema Kumpulan Pepatah Bijak Mutiara Kata Kehidupan Terbaru ini karena kebetulan siang tadi di kantor polisi tsb,ada satu pasutri yang lagi melapor dan menjadi pusat perhatian saya karena terlihat istrinya bonyok-bonyok,terlibat kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Entah apa penyebabnya, mungkin akibat Pernikahan Dini, karena sendok patah atau tidak dikasih jatah malam saya kurang begitu tau. Tapi apapun itu alasanya tidak dibenarkan menganiaya seorang istri apalagi sampai memukul wajahnya. Terlebih sekarang ada Undang-Undang yang bisa menjerat kita atas tindak kekerasaan dalam rumah tangga untuk meringkuk di dalam sel.

Memukul wajah sang isteri adalah haram hukumnya. Sebagaimana firman Allah ‘Azza wa Jalla.

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

“Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (isteri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dan hartanya. Maka perempuan-perempuan yang shalih adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suami-nya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz[1] , hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar.” [An-Nisaa’ : 34]

Tak menampik untuk hal beban hidup yang menjadi alasan retaknya rumah-tangga, tak menyangkal pula bila ada kesalahan istri yang kita sebagai suami dianggap fatal. Sebagai suami pada saatnya akan teruji atas kebimbangan untuk memilih apa meneruskan jalannya rumah-tangga atau mempertahankannya. Suami Bijak tak serta merta memutuskan hal ini, tentu mencari Pepatah Bijak yang bisa kita gunakan sebagai rujukan dalam memutuskan masalah rumah-tangga kita.

Kumpulan Pepatah Bijak Mutiara Kata Kehidupan Terbaru bukan berarti banyak Pepatah Bijak yang harus kita kumpulkan, sementara tak satupun yang bisa cerna sebagai Mutiara Kata Kehidupan, ini hal percuma dan sia-sia. Satu Pepatah Bijak namun bisa merubah langkah hidup kita ke arah yang lebih baik.

Ya kawan, satu saat saya bertanya minta pendapat atas masalah yang terjadi pada rumah-tangga saya kepada orang tua,ayah saya. Orangtuaku hanya memberi Pepatah Bijak begini :

"Rumah-tangga itu sampai kita mati tentu tak akan lepas dari ujian dan rintangan, bila istrimu membuat kesalahan, perbaiki dulu sebisa kita dengan cara kita, namun ayah minta untuk tidak menganiyaya istri dengan tindakan kekerasan. Bicaralah pelan-pelan, sedikit-sedikit kasih pemahaman hingga dia mengerti.

Ingat nak rumah-tangga itu ibarat kita memikul dua kayu bakar yang apabila membuat lecet pundakmu, maka tinggalkan pikulan itu. Tapi kalau kamu masih kuat memikul maka lanjutkanlah memikul".

Sungguh Kumpulan Kata Bijak dari ayah ini yang menuntunku untuk bersikap bijak pada ujian dan rintangan yang mendera rumah-tanggaku. Hingga saat ini bila ada kles atau beda pendapat dengan sang istri, kata-kata bijak ayahlah yang mengingatkan saya untuk berbuat bijak sebagai seorang suami terbijak se-Indonesia.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top