29 Oktober 2017

Adil

Adil - Tak lebih dari 4 huruf saja A-D-I-L, manis di lidah namun susah untuk dilaksanakan. Hanya pemimpin yang betul bisa mengemban amanah yang bisa berlaku adil. Namun ADIL sesuai gambar profil artikel ini tidak di Bandung tidak juga di Kawali Ciamis, namanya Martabak Adil tetaplah disuka karena rasanya lain daripada yang lain.

Adil

Sebenarnya sieh ada hubungan ADIL dengan rasa manisnya martabak. Banyak janji-janji manis yang sering kita dengar dari seorang calon pemimpin dalam berkampanye. Manisnya janji tsb. melebihi rasa manis martabak ADIL Kawali. Tak sedikit ADIL hanya menjadi kata-kata, namun miskin pelaksanaan atau dalam karya nyata.

Ada "protes" keadilan yang timpang untuk seorang pemimpin dari sesorang musisi yakni Iwan Fals yang tersirat dalam lagunya berjudul Siang Seberang Istana. Silhkan diputar lagunya dan simak isi syair lagunya :

Seorang anak kecil bertubuh dekil
Tertidur berbantal sebelah lengan
Berselimut debu jalanan

Rindang pohon jalan menunggu rela
Kawan setia sehabis bekerja
Siang di seberang sebuah istana
Siang di seberang istana sang raja

Kotak semir mungil dan sama dekil
Benteng rapuh dari lapar memanggil
Gardu dan mata para penjaga
Saksi nyata yang sudah terbiasa

Tamu negara tampak terpesona
Mengelus dada gelengkan kepala
Saksikan perbedaan yang ada

Sombong melangkah istana yang megah
Seakan meludah diatas tubuh yang resah
Ribuan jerit didepan hidungmu (matamu)
Namun yang ku tahu tak terasa mengganggu

Gema azan ashar sentuh telinga
Buyarkan mimpi sikecil siang tadi
Dia berdiri malas melangkahkan kaki
Diraihnya mimpi digenggam tak dilepaskan lagi

Mari kita lanjutkan pada pokok bahasan tentang ADIL. Adil berasal dari bahasa Arab yang berarti berada di tengah-tengah, jujur, lurus, dan tulus. Secara terminologis adil bermakna suatu sikap yang bebas dari diskriminasi, ketidakjujuran. Dengan demikian orang yang adil adalah orang yang sesuai dengan standar hukum baik hukum agama, hukum positif (hukum negara), maupun hukum sosial (hukum adat) yang berlaku.

Adil dalam Islam begitu sangat penting karena keadilan merupakan tiang penjaga daya suatu negara. Bangsa yang mamur adalah bangsa yang adil. Kehancuran suatu bangsa akan datang bilamana di negara tersebut semarak ketidakadilan disana-sini. 

Pantas bila Rosulullah menegaskan dalam haditsnya:"Sesungguhnya kehancuran umat dan bangsa-bangsa sebelum kalian adalah ketika orang-orang terpandang mencuri, hukum tidak ditegakan. Tetapi ketika orang papa, rakyat jelata mencuri, berbuat aniaya hukum ditegakan setegak-teganya".

 Makna Adil atau Keadilan :
1. Menempatkan sesuatu secara objektif dan proporsional
2. Pembagian yang merata sesuai dengan porsinya masing-masing.
3. Ukuran yang tidak berat sebelah.


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top