11 Oktober 2017

Agar Ponsel Tidak Meledak

Agar Ponsel Tidak Meledak - Saat ini ponsel sudah merupakan nyawa kedua bagi kebanyakan orang. Kemanapun kita pergi pasti tak lepas dari ponsel, dan tidak pernah lupa untuk membawanya. Tak jarang orang merasa kehilangan benda kecil ini jika ketinggalan. Namun faktanya ponsel yang semakin dekat dengan kehidupan kita ini ternyata bisa juga membawa petaka bagi pemiliknya.

Agar Ponsel Tidak Meledak
Gambar Ilustrasi Google

Akhir-akhir ini sering melihat juga mendengar pemberitaan tentang ponsel yang meledak. Hal ini membuat kita was-was dan khawatir kejadian ponsel meledak tsb. Ponsel meledak apakah disebabkan karena kelalaian pemakainya atau pihak produsen ponsel yang tidak memperhatikan keamanan produknya ?

Baterai Ponsel Meledak

Dari berbagai kasus ponsel meledak banyak diakibatkan dari baterainya. Hampir seluruh ponsel di dunia saat ini menggunakan baterai jenis Baterai Ion Litium. Sebenarnya baterai ini mempunyai banyak kelebihan yakni ringan, bisa dibentuk sekecil mungkin dan mempunyai densitas yang baik. Tapi Baterai Ion Litium ini tak luput juga dari kekurangan, yakni tidak tahan panas dan mudah meledak karena dibuat dari bahan yang mudah terbakar.

Umumnya ponsel meledak karena kepanasan atau over heating. Panas berlebih ini bisa diakibatkan oleh faktor internal atau faktor eksternal. Faktor internal bisa diakibatkan dari baterainya atau komponen hpnya, sementara faktor eksternal bisa diakibatkan dari pemakainya. Berikut adalah Tips Agar Ponsel Tidak Meledak:

1. Saat mengecas baterai, pergunakan chargeran orisinil bawaan hp. Minimal satu spesifikasi dengan charger bawaannya. Meskipun sama voltasenya charging ponsel jangan menggunakan charger tablet untuk ngecas hp atau ponsel.

2. Jika baterai ori sudah lemah jangan mengganti baterai dengan persamaannya, apalagi tidak mempunyai spek yg sama dengan peruntukan ponselnya. Baterai Orisinil mempunyai fungsi Cut A Voltage yang fungsinya untuk menahan atau memotong tegangan saat baterai sudah terisi penuh, hal ini bisa mencegah terjadinya ponsel meldak atau kebakaran.

3. Jangan charging ponsel saat tidur dan disimpan dibawah bantal, karena akan mengakibatkan panas berlebihan atau over heating.

4. Jangan menyimpan ponsel di saku celana jeans.

5. Jangan menggunakan casing hp atau ponsel yang tertutup kedua sisinya karena tidak akan ada sirkulasi udara dari dalam ke luar hp.

Untuk mencegah ponsel meledak, perhatikan tips-tips diatas.
Selamat berponsel ria !

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top