15 Oktober 2017

Fakta Unik Telinga

Fakta Unik Telinga - Mendengar adalah proses tanpa henti meskipun kita sedang tidur. Orang tidak mampu mendengar suara saat tidur karena otak tengah beristirahat. Mendengar adalah upaya menangkap bunyi dengan telinga. Sadar atau tidak, kalau ada bunyi, alat pendengar kita akan mendengarnya secara reflek. Meski sedang tidur, ketika alarm berdering otak akan bereaksi dan kita akan tersadar.

Fakta Unik Telinga

Saat melakukan perjalanan baik darat, laut ataupun udara, seseorang seringkali merasa mabuk atau mual. Ternyata rasa mabuk atau mual tersebut bukan adanya kesalahan pada perut melainkan telinga. Perasaan ingin muntah itu dipicu oleh masalah yang ada pada telinga kita, akibat pergerakan dalam perjalanan keseimbangan yang ada dalam telinga menjadi terganggu.

(Baca juga tentang: Fakta Unik Hidung)

Tuba Eustachius

Saat tekanan udara disekitar kita berubah seperti saat berada di dalam pesawat terbang, mendaki atau turun dari tempat tinggi serta menyelam maka tekanan didalam rongga telinga kita ikut berubah untuk menyesuaikan. Tuba Eustachius dalam telinga mempunyai fungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara di telinga tengah.

Ketika terdapat perbedaan tekanan maka secara otomatis saluran tsb.akan membuka kemudian mengeluarkan udara agar dapat masuk menuju kebagian dalam telinga tengah. Efeknya tekanan di organ pendengaran akan menjadi seimbang. Namun ketika tekan terjadi secara mendadak, maka tekanan didalam telinga tidak selalu dapat menyesuaikan dengan segera.

Telinga Barotrauma

Perbedaan tekanan antara rongga telinga dan lingkungan diluar disebut Barotrauma. Hal ini akan menimbulkan rasa yang tidak menyenangkan seperti rasa sakit pada telinga, rasa tertekan, berdenging atau pada kasus yang parah akan menyebabkan hilangnya pendengaran, berdarah dan muntah. Biasa kita dianjurkan untuk mengunyah permen karet, minum atau menguap.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top