22 Oktober 2017

Hari Santri Nasional 22 Oktober

Hari Santri Nasional 22 Oktober - Kalau Santri-nya seperti admin Er'end Net mungkin tak usah ikut-ikutan merayakan Hari Santri Nasional ini pasalnya selama dipesantren hanya menjadi mengelola urusan DPR (dapur) pesantren saja yakni tukang ngaliwet. Andai waktu bisa diputar ulang maka ingin dimasa indah menjadi Santri, tentunya dengan tujuan mulia menjadi santri yang baik.

Hari Santri Nasional 22 Oktober

Tepat hari Minggu ini adalah  tanggal 22 Oktober 2017. Sebagaimana keputusan Presiden RI No.22 Tahun 2015 menetapkan tangal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan Hari Santri Nasional adalah untuk mengenang, meneladi dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela juga mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia serta .berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Kemerdekaan Negara Republik Indonesia memang tidak lepas dari perjuangan kaum santri dan kaum ulama. "Ulama adalah pewaris para Nabi", begitulah sabda Rasulullah SAW (HR At-Tirmidzi). Tatkala Nabi sudah tiada maka ulamalah yang akan mewarisi seluruh tugas para Nabi. Dan Santri adalah bibit-bibit unggul generasi para ulama yang akan mewarnai seluruh aspek kehidupan yang terjadi dimasa kini.

Santri secara umum adalah orang  yang belajar di pondok pesantren guna untuk meneruskan perjuangan para Nabi dalam mengemban amanah yang sangat mulia. Yakni mendakwakan dan mengajarkan agama Islam demi terciptanya insan yang senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT.

Hari Santri adalah sebuah hari untuk memperingati peran besar kyai dan kaum santri dalam perjuangan melawan penjajah yang bertepatan dengan Resolusi Jihad KH Hasyim Asyari pada tanggal 22 Oktober 1945. Sejarah membuktikan para santri dan para pejuang lainnya mempunyai peran yang sangat penting dalam merebut kembali kedaulatan RI dari tangan penjajah. Sehingga perjuangan para santri kala itu menjadi salah-satu Hari Besar di Indonesia.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top