23 Oktober 2017

Marakka Bola Wajo

Marakka Bola Wajo - Jangan karena melihat gambar kita langsung berpikiran ini bahasan bola atau seputar olahraga. Marakka Bola adalah tradisi unik gotong-royong dalam memindahkan rumah seutuhnya tanpa dibongkar terlebih dulu. Konon katanya tradisi unik ini hanya ada satu-satunya di dunia yakni di Indonesia tepatnya di daerah Wajo Sulawesi Selatan.

Marakka Bola Wajo

Dalam tradisi Marakka Bola atau Ma'bule Bola tak jarang ada rumah panggung yang berukuran 7 X 20 meter yang harus dipindah ke tempat baru sejauh 2 Km, tapi dengan kesatuan/adat gotong royong yang kuat masyarakat Wajo hal ini bukan satu rintangan. Adat memindahkan rumah dengan cara gotong royong menjadi tradisi khas masyarakat Indonesia pada umunya, yang menjadi unik Marakka Bola Wajo ini adalah rumah utuh tanpa harus Kuriak dulu.

Marakka Bola atau Ma'bule Bola

Untuk memindahkan sebuah rumah berukuran diatas dengan bobot ratusan ton ini setidaknya membutuhkan sekitar 400 orang yang terlibat, warga memindahkankannya secara perlahan-lahan dengan mengangkatnya. Warga mengikat tiang-tiang rumah dengan palang-palang bambu sebagai penyangga angkatan. Atas komando beberapa orang yang dituakan, ratusan warga memindahkan rumah ke tempat baru.

Untuk memindahkan rumah biasanya pemiliknya menghubungi keluarga dan tokoh masyarakat. Mereka kemudian membuat pengumuman di masjid-masjid setempat, pengumuman itu sekaligus menjadi undangan bagi warga untuk bergotong-royong. Sesampai di lokasi baru pemilik rumah sudah menyiapkan makan besar bersama yang dikordinasi oleh para wanita.

Selain sebagai ungkapan terima kasih, makan bersama akan mengembalikan tenaga warga yang telah terkuras dalam memindahkan rumah tadi.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top