18 Oktober 2017

Memperbaiki Speaker Aktif Polytron XBR

Speaker Aktif Polytron - Memperbaiki Speaker Aktif Polytron XBR - Judulnya sieh memperbaiki, namun pasen pertama bisa terbilang gagal karena bisa hidup lagi dengan mengganti bagian power suplly ac matic-nya dengan trafo ct 5 Amp saja, sebab memang jalur hangus dan patah karena cecak terbakar di jalur power supply AC.Dari pada pusing bikin jalur saya cari jalan cepat dengan trafo.

Speaker Aktif Polytron XBR

Baru dua hari bukan serpis elektronik, dua speker aktif Polytron juga hadir di bengkel. Kasus diatas memang teratasi hanya dengan mengganti PS-nya pakai trafo biasa 5 Amp CT. Hanya Polytron kedua dengan kasus matol (mati total) namun ketika teratasi dengan mengganti komponen yang terlihat hangus powernya masih drop atau kurang. 

Kasus speker aktif polytron dengan power suplly matol atau drop tegangan dc-nya sampai +12 V dan -12V DC untuk tegangan power amplifiernya memang baru saya dapati dibengkel baru saya, maklum baru dua hari buka bengkel.

Oh ya sobat, meskipun masuk pada Label Catalog blog namun artkel Speaker Aktif Polytron XBR ini bukan informasi Harga Speaker Aktif Polytron terbaru 2017. Er'end Net hanya mau sedikit berbagi cara memperbaiki speker aktif Polytron yang ngedrop tegangan DC-nya.

Speaker Aktif Polytron XBR tidah hanya ngetop di daerah Jawa namun di Papua juga banyak orang yang pakai. Seperti kita ketahui Polytron adalah satu brand yang mengutamakan kualitas dan suara. Di perangkat audio Polytron terkenal dengan produksi-produksinya yang bersura empuk dan indah.

Papan Mesin Speker Aktif Polytron

Drop tegangan DC pada Speaker Aktif Polytron XBR ini bisa disebabkan karena ada komponen di power Amplifier yang terbakar atau shot, ada bagian di Tone Control bermasalah dan bisa juga karena memang Power Suplly-nya bermasalah. Maaf sebelumnya kawan, bagian dari Tone Controlnya tidak saya foto karena bagian tsb. tak ada masalah pada kedua speker aktif yang datang kali ini.

Power Suply Ac Matic Polytron

Langkah awal dari Memperbaiki Speaker Aktif Polytron XBR adalah mengenal bagian-bagian mana saja yang disebut Power Supply Ac Matic, bagian Power Amplifiernya dan bagian Tone Controlnya. Dengan mengenal 3 komponen utama yang ada pada sepeker aktif polytron xbr ini kita akan mudah untuk mendiagnosa penyakit yang ada.

Power Amplifier Polytron XBR

Lantaran menulis artikel ini terlalu malam, nanti kita kan lanjutan tulisan ini pada langkah-langkah dan Cara Memperbaiki Speker Aktif Polytron XBR dengan kasus yang telah saya sebutkan tadi diatas, yakni tegangan DC-nya yang drop. Untuk kali ini anggap saja sebagai perkenalan bengkel Er'end Net karena buka bengkelnya juga baru 2 hari..., :P

Semoga perkenalan ini bisa menjadi jembatan kita untuk berbagi dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.....salam Polytron !

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top