15 Oktober 2017

Menjaga Amanah

Menjaga Amanah - Amanah yang hanya 6 huruf, mudah dalam pengucapan namun berat dalam pelaksanaan. Hanya orang-orang terpilihlah yang mampu mengemban amanah secara jujur dan terpercaya. Berbahagialah orang yang mampu mengemban amanah dengan baik karena itu satu ciri dari seorang yang taqwa. Merugilah bagi orang-orang yang tak bisa menjaga amanah karena dia termasuk pada orang munfik...,naudzubillahimindzalik.

Menjaga Amanah

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung,” Maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu Amat zalim dan Amat bodoh.” (QS. Al Ahzab: 72)

Diantara bentuk ketaqwaan seorang hamba kepada Allah SWT.adalah dengan menjalankan dan menjaga amanah yang dipikulnya. Baik amanah yang berkaitan dengan kewajiban kepada Allah dan Rosulullah, maupun yang berkaitan dengan kewajiban terhadap sesama manusia.

Amanah adalah segala sesuatu yang diemban oleh seseorang yang diperintahkan untuk ditunaikan. Orang yang dibebankan amanah hendaklah ia benar-benar menjaganya. Bahkan ketika kita menjadi seorang pemimpin sudah semestinya harus memegang amanah, karena banyak pemimpin yang hanya mengingkari janji-janjinya.

Di dalam sebuah hadits yang telah diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Dzarr ia berkata:"Wahai Rosulullah mengapa engkau tidak memberiku kekuasaan?" Lalu beliau memegang pundakku dengan tangannya, kemudian Ia bersabda;"Wahai Abu Dzarr sesungguhnya engkau adalah orang yang lemah. Kekuasaan itu adalah amanah dan kekuasaan tersebut pada hari kiamat menjadi kehinaan dan penyesalan. Kecuali bagi orang yang mendapatkan kekuasaan tersebut dengan haknya dan melaksanakan kewajiban dalam kekuasaannya itu."

Sesungguhnya menjalankan amanah dan menjaganya tidak semudah membalikan telapak tangan, oleh karena itu sudah semestinya bagi kita untuk berusaha menjaga amanah yang telah kita terima. Baik yang berkaitan dengan kewajiban kita kepada Allah dan Rosulullah maupun kepada sesama manusia. Semoga Allah menjadikan kita sebagai orang-orang yang senantiasa menjaga amanah...Aamiin.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top