2 Oktober 2017

Mitos Dan Fakta Motor

Mitos Dan Fakta Motor - Jika Valentino Rossi Keluhkan Performa Motor Yamaha-nya, maka Er'end Net hanya mao berbagi pengalaman saja seputar Mitos dan Fakta yang ada pada dunia otomotif ini. Apapun itu ketika kita malas untuk membaca Manual Book atau buku panduan sebuah barang maka kita akan tetap mempertahankan cara lama yang kita yakini benar dalam menggunakan barang tsb.

Mitos Dan Fakta Motor

Padahal pada dunia otomotif (sepeda motor) ini sebuah buku panduan adalah cara dasar yang bisa kita gunakan sebagai petunjuk pemakaian sepeda motor yang benar dan disitu pula terdapat cara merawatnya. Tak bisa kita pungkiri banyak mitos yang beredar seputar motor. Mitos-mitos ini berkembang karena adanya kepercayaan yang berlebihan agar motor yang dimilikinya tetap bagus dan bisa dikendarai dengan maksimal.

Mitos Tentang Motor

Namun ternyata beberapa mitos yang sudah ada sejak lama ini belum tentu benar, tetap sebagai dasar penggunaa kita ikuti apa yang tertera dan dianjurkan pada buku panduan. Berikut adalah Mitos dan Fakta Seputar Motor :

1. Memanaskan Motor Semakin Lama Semakin Baik?
Sudah menjadi kebiasaan pemilik motor jika mau melakukan perjalanan maka mesin motornya harus dipanaskan terlebih dahulu. Bahkan ada yang bilang memanaskan motor akan semakin baik jika dilakukan dalam waktu yang agak lama.

Ternyata hal ini hanyalah mitos belaka, karena khusus untuk motor injeksi hanya butuh waktu 30 detik sampai 1 menit saja untuk memanaskan mesin motor. Sebab motor injeksi sudah jauh lebih pandai dibanding motor lama yang memakai karburator. Saat memanaskan mesin motor pun tak perlu menarik hendel gas karena kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module.

2. Motor Inreyen
Bagi pembeli motor baru pasti sudah diberi tahu tentang masa inreyen motor. Saat masa inreyen ini motor tidak boleh dipakai ngebut hingga batas 1000 Km pertama atau sanpai saat serpis pertama yang ditentukan pabrikan. Menurut anak saya hal ini adalah mitos saja karena di jaman dahulu teknologi otomotif (motor) belum secanggih jaman sekarang. Faktanya saat ini motor baru sudah siap di gas sampai mentok asalkan dilakukan secara bertahap juga mengendarai motornya tidak kasar.

3. Geber Gas Saat Motor Akan Dimatikan?
Sobat mungkin salah-satu dari sekian banyak pengendaraan motor yang hobi ngegas sekuat tenaga saat motor akan dimatikan agar accu terisi maksimal. Untuk jaman modern seperti saat ini jelas-jelas itu adalah mitos belaka, faktanya sistem pengisian accu saat ini sudah jauh berbeda dengan jaman dahulu. Jadi mau accu basah atau kering selama accunya normal dan sehat tidak akan bermasalah tanpa harus digeber terlebih dahulu sebelum dimatikan motornya. Bahkan menarik gas sebelum motor dimatikan dikhawatirkan akan merusak mesin motor itu sendiri.

4. Perawatan Motor Matic Susah ?
Saat ini Motor jenis Matic menjadi pavorit, namun masih ada yang bilang jika perawatannya bikin repot, sudah jelas ini mitos, faktanya perawatan motor matic tidak beda jauh dengan motor bebek dan sport. Contohnya jika motor matic menggunakan CVT maka motor non-matic menggunakan rantai pada motornya. CVT atau Continuously Variable Transmission pada motor matic merupakan alat penggerak otomatis. Dalam serpis rutin CVT hanya perlu disemprot untuk membersihkan debu saja.

Jadi untuk masa modern ini sebaiknya buang mitos-mitos diatas untuk seputar perawatan motor. lakukan serpis rutin dan tetap dijaga kebersihannya sehabis pakai.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top