20 Oktober 2017

Ombak Bono di Sungai Kampar

Ombak Bono di Sungai Kampar - Bono Meranti 4 U2 - Bono ini bukan nama lain dari Paul David Hewson vokalis grup musik rock U2 asal Irlandia. Indonesia juga punya Bono yang tak kalah memikat dari "gelombang" suaranya Bono sang vokalis U2, yakni Gelombang Bono dari teluk Meranti. Kearifan lokal ini sungguh telah memikat banyak wisatawan asing untuk berselancar di Muara Sungai Kampar Riau.

Bono U2

Judul awal Bono Meranti 4 U2 atau Bono U2 tapi tak jadi karena kurang yakin pada penulusuran google, tadinya dibuat sengaja dengan harapan terbaca oleh  sang vokalis band U2 Paul David Hewson hingga beliau tertarik untuk datang ke Indonesia dan berselancar di Pulau Meranti sambil menikmati sensasi berada diatas gelombang Bono.

"Elok Kampung Tolong Menolong, Elok Negeri Beri Memberi" slogan ini yang berada papan ketika kita masuk pada sebuah desa bernama Teluk Meranti. Teluk Meranti adalah desa yang berada di kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, provinsi Riau, Indonesia. Mayoritas penduduk Teluk Meranti adalah suku Melayu Pelalawan yang berpencaharian sebagai petani dan nelayan

Ombak Bono di Sungai Kampar

Ombak Bono di Sungai Kampar
Bono demikian warga Teluk Meranti biasa menyebut gelombang yang terjadi di Sungai Kampar. Gelombang Bono (Ombak Bono) ini dapat melaju dengan kecepatan hingga 40 Km/jam, tinggi ombak Bono dapat mencapai 4 - 6 meter dengan kekuatan yang luar biasa besar.

Ombak Bono terjadi akibat benturan tiga arus air yang berasal dari Selat Malaka, Laut China Selatan dan aliran Sungai Kampar yang berbenturan di muara sungai Kampar sehingga menimbulkan gelombang besar yang menggulung dan menghempas jauh kedalam sungai.

Demikian dasyatnya kekuatan Ombak Bono, membuat suku Melayu Pelalawan yang tinggal disekitar Sungai Kampar menganggap gelombang bono adalah perwujudan dari ke-7 setan yang jahat...serem ya sob. Tenang sob gulungan ombak bono tak akan seseram Gulung Tikar....hehe.

Jangan kalah sama wisatawan asing yang banyak datang ke Pulau Meranti, kita juga sebagai pecinta kearifan lokal wajib untuk datang ke muara Sungai Kampar untuk menikmati sensasi berselancar di gelombang Bono yang menawan ini.

 Obak Bono dengan sejuta sensasinya, pada era milenial ini Bono merupakan secercah harapan baru bagi warga Teluk Meranti lantaran Ombak Bono menjadi destinasi wisata Riau yang mendunia.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top