21 Oktober 2017

Sarapan Khas Indonesia

Sarapan Khas Indonesia - Ketika bulan Ramadhan orang Islam memulai hari dengan sahur, pada bulan-bulan biasa kita memulai hari dengan sarapan pagi. Kedua aktifitas rutin ini sama pentingnya karena sarapan pagi ataupun sahur akan memberi energi sepanjang hari pada tubuh kita. Saya sendiri bila lupa sarapan pagi akan mudah sekali masuk angin....entahlah !

Sarapan Khas Indonesia

Jangan pernah menyepelekan Sarapan Pagi, karena sarapan pagi adalah merupakan pasokan energi dalam menjalani hari kita. Nutrisi tubuh kita akan terpenuhi sepanjang hari dengan sarapan pagi. Mengawali hari dengan nutrisi yang baik tentunya akan membawa manfaat ketika menjalani aktivitas rutin kita.

Pagi-pagi Sabu, Tiap Hari Nyabu, Go!
Dari Balita Sampai Yang Tua
Sejak Dahulu Hingga Sekarang
Semua Suka Sabu
Rasanya Enak Gurih Dan Nikmat
Perut Yang Lapar Menjadi Kenyang
Setelah Sabu-sabu
Bukan Narkoba Dan Narkotika
Yang Sedang Merajalela

Bait dari lirik Lagu Sabu Sabu - Alam diatas mengambarkan bagaimana nikmatnya Sarapan Bubur pada pagi hari. Yups sobat Indonesia sangat terkenal dengan makanan khasnya yang mendunia semisal rendang. Berikut adalah menu hidangan Sarapan Khas Indonesia yang biasa kita sajikan sebagai Sarapan Pagi yang tentu nutrisinya sangat tinggi dan komplit :

1. Nasi Kuning
Nasi Kuning di Serui lebih ngetop daripada Papeda, masalahnya menu khas Indoneia ini banyak dijajakan di setiap sudut kota Serui. Nasi Kuning yang terbuat dari beras dan dimasak bersama dengan kunyit serta perasan santan yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah khas Indonesia.

Nasi Kuning

Dalam tradisi Indonesia warna kuning dalam Nasi Kuning menggambarkan kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu Nasi Kuning sering disajikan dalam arena syukuran dan peristiwa-peristiwa yang menggembirakan seperti kelahiran dan pernikahan. Nasi Kuning ini iasanya dilengkapi dengan ayam goreng, telur dadar, perkedel kentang dan lauk kahs Indonesia.

2. Bubur Ayam
Apa bisa dikata, nasi sudah menjadi bubur. Demikian ungkapan yang sering kita dengar atas kejadian yang sudah terjadi dan tidak bisa kita perbaiki lagi. Bubur Ayam memang sengaja dibuat dan bahan dasarnya adalah nasi. Biasanya bubur ayam dilengkapi dengan irisan kecil daging ayam, jeroan ayam dan cakue.

Bubur Ayam

Karena memilki banyak penggemar maka banyak penjual Bubur Ayam yang berkreasi memberikan tambahan makanan ini seperti menambhakan kerupuk dan kecap sebagai pelngkap cita rasa. Di Serui ada Bubur Ayam Makasar yang rasanya maknyus dilidah. Di daerah Tasikmalaya Jawa Barat ada Bubur Ayam yang apabila mangkuknya kita balikin isinya tidak tumpah, disamping unik rasanya juga tak kalah merangsang dilidah.....huuum.

3. Nasi Pecel
Nasi Pecel adalah makanan khas kota Madiun Jawa Timur. Pecel berisi beraneka ragam sayuran yang telah direbus terlebih dahulu, berupa bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, mentimun, dan serta berbagai jenis sayuran lainnya yang dihidangkan dengan guyuran sambal pecel.

Pecel Madiun

Sambal Pecel ini merupakan bumbu pedas yang berbahan dasar kacang tanah. Biasanya Nasi Pecel ini disajikan dengan pincuk daun pisang.

4. Nasi Uduk
Adalah kuliner asal Indonesia yang berbahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan kelapa. Nasi uduk dibumbui dengan pala dan kayu manis, jahe, serai dan merica. Nasi Uduk biasa dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar yang sudah diiris-iris dengan tempe, bawang goreng, ayam goreng, dan sambel goreng kari kacang.

Nasi Uduk

5. Nasi Liwet
Nasi Liwet adalah makanan Khas Kota Solo, nasi ini adalah makanan nasi gurih yang dimasak dengan kelapa mirip dengan nasi uduk. Nasi liwet disajikan dengan sayur dengan suwiran ayam semacam bubur gurih dari kelapa. Penduduk kota Solo biasanya memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari sarapan pagi hingga makan malam.

Nasi Liwet

Nasi Liwet biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung lesehan.

6. Nasi Jagung
Nasi Jagung atau Nasi Empok/Ampok adalah makanan khas Indonesia yang tak kalah menggoda selera, nasi ini adalah makanan variasi khas daerah Madura. Nasi Ampok atau nasi jagung terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama nasi.

Nasi Jagung

Nasi Jagung sama dengan nasi putih biasa dan dimakan dengan lauk-pauk lainnya. Nasi ini juga sebagai makanan pengganti bagi penderta diabetes.

Demikian 6 Menu Makanan Khas Indonesia yang kerap menjadi menu sarapan pagi bagi masyarakat Indonesia. Tentu masih banyak menu makanan lainnya yang tidak bisa saya jabarkan satu-satu disini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita tentang kuliner indonesia.

(Sumber semua gambar yang ada pada artikel Sarapan Khas Indonesia ini adalah : Google)

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top