6 Oktober 2017

Tentara Nasional Indonesia

Tentara Nasional Indonesia - Satu-satunya profesi yang menaruhkan nyawa adalah menjadi TNI. Dengan nyawa mereka-lah kemerdekaan Indonesia ditebus. Begitu besar jasa para Tentara Nasional Indonesia ini dalam mempertahankan kedaulatan bangsa.Di garda terdepanlah mereka ada untuk memepersatukan bangsa Indonesia ini.

Tentara Nasional Indonesia

Tentara Nasional Indonesia atau biasa disingkat TNI adalah nama sebuah angkatan perang dari negara Indonesia. TNI sempat berganti-ganti nama. Pertama kali terbentuk Tentara Nasional Indonesia bernama KNIL (Koninklijk Nederlands Indische Leger) yang merupakan tentara kerajaan Hindia Belanda yang dibentuk ketika pecah perang Diponegoro.

Kemudian berganti nama menjadi PETA (Tentara Pembela Tanah Air) yang dibentuk pemerintahan Jepang untuk melawan tentara sekutu pada tahun 1943. Setelah Proklamasi Kemerdekaan, pemerintah RI membentuk BKR (Badan Keamanan Rakyat) pada tanggal 23 Agustus 1945. Setelah itu secara bertahap dibentuklah BKR Darat, BKR Laut dan BKR Udara.

Akhirnya pada tanggal 5 Oktober 1945 maklumat pemerintah RI mengubah PKR menjadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat). Nama TKR sempat diubah menjadi Tentara Keselamatan Rakyat, tetapi kemudian mengalami perubahan lagi menjadi TRI atau Tentara Republik Indonesia pada tahun 1946. Jendral Sudirman kemudian ditunjuk menjadi Panglima Besar pertama Tentara Nasional Indonesia.

Pasukan Elite TNI

Presiden Soekarno kemudian mengubah lagi nama TRI menjadi TNI atau Tentara Nasional Indonesia. Tentara Nasional Indonesia (TNI) terdiri dari tiga angkatan bersenjata, yakni TNI AD, TNI TNI AU dan TNI AL. Tentara Nasional Indonesia dipimpin oleh seorang Panglima TNI, sedangkan masing-masing angkatan dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan. Panglima TNI yang saat ini dijabat oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Di tahun 2017 TNI genap berusia 72 tahun, berawal dari Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945. Kini TNI sudah memiliki alutsista yang mumpuni dan canggih, yang siap menghadapi setiap rongrongan dan gangguan yang bersifat memecah belah kesatuan bangsa Indonesia ini.

Selamat Hari Ulang Tahun, Dirgahayu TNI yang ke-72 !

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top