6 Oktober 2017

Tolak Penyalahgunaan Obat

Tolak Penyalahgunaan Obat - Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang muslim yang tertimpa gangguan berupa penyakit atau semacamnya, kecuali Allah akan menggugurkan bersama dengannya dosa-dosanya, sebagaimana pohon yang menggugurkan dedaunannya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Satu jaminan lagi dalam hadist shahih Al-Bukhari dan Muslim dari Atha dari Abu Hurairah bahwa ia berkata; Rasullulah SAW bersabda:"Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit kecuali dengan obatnya."

Wallahu a’lam bish-shawabi !

Tolak Penyalahgunaan Obat

Setiap penyakit ada obatnya kecuali malas berobat, meski ada jaminan seperti tersurat pada hadits-hadits diatas namun setiap obat pun harus digunakan sesuai kebutuhan. Obat yang diminum sesuai kebutuhan akan menyembuhkan penyakit, tetapi bila digunakan sembarangan malah akan mendatangkan penyakit, lebih fatalnya bisa membahayakan nyawa kita. Ironis memang bila yang "rajin" berobat hanya mau mencari "ply" saja, namanya penyalahgunaan obat. Lebih ironis dan prihatin lagi bila penyalahgunaan obat-obatan ini merasuk pada generasi muda Indonesia.

Artikel Terkait untuk dibaca:
Waspadai Narkoba Baru Jenis Flakka Pil Zombie

Obat Keras

Obat yang aman hanya bisa diperoleh dari Apotek, Toko Obat Berizin atau pasilitas layanan kesehatan lainnya. Tapi perhatikan kriteria obat bila anda membeli obat di Apotek atau Toko Obat Berizin caranya lihat tanda lingkaran yang ada pada label obat. Obat Bebas diberi lingkaran Biru, sedangkan Obat Keras diberi lingkran Merah.

Obat Bebas

Berikut adalah Kriteria Obat di pasaran :

1 Obat Bebas
Obat ini boleh dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter.

2. Obat Bebas Terbatas
Ialah obat yang bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter tapi mempunyai peringatan khusus saat menggunakannya.

3. Obat Keras
Obat yang tergolong pada kriteria obat keras ini hanya bisa dibei dengan resep dokter.

Obat Keras

Namun dari semua itu tetaplah lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi utamakan untuk tetap menjaga kesehatan dan tolak penyalahgunaan obat, karena akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan berbagai kasus dari penyalahgunaan obat ini. Penyalahgunaan obat sudah menjadi ancaman besar bagi bangsa ini untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Dengan semangat lantang dan daya juang tinggi, mari kita Tolak Penyalahgunaan Obat !

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top