31 Oktober 2017

Tragedi Pabrik Kembang Api

Tragedi Pabrik Kembang Api - Asap mengepul dengan pekat, api dengan ganas melahap benda yang ada disekitar pabrik kembang api. Kebakan ini terjadi di Kosambi Tangerang Banten di pabrik Kembang api milik PT Panca Buana Cahaya Sukses pada tanggal 26/10/2017 pukul 09.00 WIB dan padam pada pukul 12.00 WIB. Ratusan karyawan yang terjebak didalam pabrik berusaha menyelamatkan diri karena akses keluar hanya satu pintu.

Tragedi Pabrik Kembang Api

Sebanyak 48 karyawan harus meregang nyawa atas kelalaian manusia ini, belum puluhan karyawan lainnya yang harus menahan derita di rumah sakit karena luka bakar serius. Beruntung saat itu disekitar TKP (didepan pabrik kembang api) ada personel BKO Brimob dari Polda Kalimantan Barat yang dengan sigap membantu menyelamatkan karyawan yang terjebak dengan membuat lubang di tembok dengan martil. Korban yang selamat adalah mereka yang berhasil keluar lewat dinding yang dijebol tsb.

Tembong Yang dijebol

Sementara satu-satunya akses keluar atau pintu dari ruangan pabrik dimana karyawan tsb.berkumpul dan terjebak api adalah sumber api atau jalannya api.masuk kedalam ruangan.

Dari tragedi kebakaran pabrik kembang api Kosambi ini kita bisa menyimpulkan bahwa lemahnya keselamatan kerja tidak menjadi perhatian utama PT Panca Buana Cahaya Sukses mungkin tidak sesukses namanya untuk masalah keselamatan.

PT Panca Buana Cahaya Sukses menjadi satu bukti betapa sangat berbahayanya kembang api bila meledak ataupun terbakar. Maka sudah sepantasnya kita belajar dari kambing putih agar kita tak perlu repot-repot mencari kambing hitam.

(Baca juga artikel terkait : Ketika Belajar Menjadi Kambing Hitam)

Tragedi Pabrik Kembang Api yang banyak memakan korban nyawa manusia ini ternyata bukan hanya di Kosambi saja, sebelumnya pernah terjadi di berapa dunia belahan bumi ini. Berikut adalah Tragedi Pabrik Kembang Api terparah di dunia :

1. Sivakasi India
Pada tahun 2012 lalu Tragedi Pabrik Kembang Api terbakar terjadi di Sivakasi di negara bagian Tamil Nadu. Sekitar 52 orang tewas di pabrik bernama Om Sakhti ini. Saat kejadian ada sekitar 300 karyawan yang tengah bekerja. Penyebab kebakaran tidak diketahui. Kembang api di India sering digunakan dalam festival-festival keagamaan dan pernikahan.

2. Selangor Malaysia
Tragedi Pabrik Kembang Api di Malaysia ini terjadi pada bulan Mei 1991  dikenal pula dengan Hiroshima of Sungai Buloh. Pabrik kembang api bernama Bright Sparkler terletak di Sungai Buloh Selangor, tragedi terbakarnya pabrik ini merupakan bencana terbesar di Malaysia.

Penyebab kebakaran adalah saat uji coba kembang api terbaru hasil produksi pabrik tsb. Sebanyak 26 orang tewas dan 83 orang luka-luka serta sekitar 200 rumah yang berada disekitar pabrik tsb.dinyatakan rusak berat.

3. Tennese Amerika Serikat
Bencana yang terjadi pada 27 Mei 1983 di Benton menjadi Tragedi Pabrik Kembang Api yang tidak akan dilupakan oleh sejarah Amerikat Serikat. Pabrik ilegal ini meledak dan meratakan bangunan pabrik hingga membunuh belasan karyawan yang berada di sekitar pabrik kembang api tsb. Ledakan yang dasyat menghasilkan gelombang kejut sejauh 200 meter serta awan hitam yang membumbung ke awan.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top