19 November 2017

Cara Membuat Bakpao Yang Enak dan Lembut

Cara Membuat Bakpao Yang Enak dan Lembut - Meskipun asal Bakpao dari Tionghoa tentunya Bakpao yang enak dan lembut harus dibuat dengan cara yang benar sesuai peraturan tentang PerBakpoAn yang berlaku di Indonesia, yaitu dengan memilah bahan yang baik dan sehat. Terutama pemilihan bahan utama yakni terigunya. Terigu tak bisa menggunakan terigu asal-asalan, karena akan mempengaruhi tekstur juga kelembutan Bakpao itu sendiri.

Cara Membuat Bakpao Yang Enak dan Lembut

Hal pertama yang harus ibu-ibu ingat ketika mau membuat Bakpao sendiri di rumah yaitu ukuran bakpao itu sendiri. Jangan terlalu kecil, terlalu besar juga gak boleh, hal ini agar bahan yang kita sediakan efektif tidak terbuang percuma. Dengan kata lain, bahan yang kita sediakan nantinya akan memenuhi kebutuhan keluarga kita dirumah akan Bakpao ini.

Ukuran Bakpao Ideal

Ukuran ideal Bakpao yakni sebesar benjolan yang ada di pelipis Pak Setnov usai kecelakan tunggal lalin yakni kecelakaan menabrak tiang listrik. Kalau ibu-ibu tidak tahu ukuran Bakpao ideal, saya sertakan gambar benjolan yang "dilukiskan" pengacara Pak Setnov saat diwawancara sebuah stasiun televisi Indonesia. Kira-kira sebesar kepal pengacara Fredrich Yunadi ini.

Kenapa Bakpao begitu populer saat ini hingga menjadi kuliner pilihan utama ketika warung jajanan khas Malang di depan rumahku tutup tidak berjualan. Selain rasanya yang menggugah selera, camilan Bakpao akan mencukupi kebutuhan gizi kita, karena di Bakpao itu sendiri ada daging, kacang hijau bahkan sayuran hijau.

Bakpao Enak Lembut

(Baca artikel terkait Bakpao pada : Kisah Satu Babak tentang Anakku, Bakpao dan Tiang Listrik)

Menurut sejarah asal muasal Bakpao, Bakpao berasal dari dua suku kata Bak dan Pao. Bak artinya daging, sedangkan Pao artinya bungkusan jadi Bakpao adalah bungkusan yang berisi daging atau daging yang dibungkus. Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan adalah daging babi.

Akan tetapi Bakpao Jaman Now atau bakpao kekinian bisa diisi dengan bahan lainnya sesuai selera seperti daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau dan lain sebagainya asal jangan diisi dengan tiang listrik.

Pembungkus (kulit) bakpao dibuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi untuk mengembangkan adonan, setelah diberikan isian, adonan dibiarkan sampai mengembang lalu di kukus sampai matang. Cara membedakan Isi Bakpao yakni Bakpao tanpa daging (vegetarian) cukup dengan memberi titik-titik berwarna diatas permukaan Bakpao.

Bakpao Vegetarian

Oh iya bunda, papa sudahi saja basa-basinya. Sekarang kita menginjak pada Cara Membuat Bakpao Yang Enak dan Lembut. Bunda-bunda persiapkan saja bahan-bahannya sebagai berikut :

1. Bahan Bahan :
250gr Tepung Terigu Cakra Kembar
50gr Gula Pasir
1 sdm Mentega
1/2 sdt Baking Powder
1 sdm Fermipan
130 mili liter Susu Cair yang sudah dihangatkan

2. Bahan Isi Bakpao :
Sesuaikan dengan selera misalkan Meses, Coklat Batangan, dsb.

3. Cara Membuatnya :
a. Sediakan wadah untuk mencampur bahan.
b. Masukan pada wadah tsb.tepung terigu, gula pasir, fermipan sama baking powder lalu margarine/mentega. Tuangkan juga susu cair hangat pada bahan-bahan tadi lalu aduk pakai tangan bersih dan uleni sampai kalis. c. Setelah kalis adonan tadi bentuk dan pisahkan menjadi beberapa bagian (ingat ukuran ideal Bakpao diatas), lalu bagian-bagian tsb.isi dengan poin 2 Bahan Isi Bakpao.
d. Letakkan adonan tersebut di atas kertas, diamkan selama 1 jam hingga mengembang.
e. Kemudian masukkan adonan dalam panci, dan dikukus selama kurang lebih 10-15 menit.
Angkat, Bakpao yang Enak dan Lembut dan siap disajikan.

Dari hasil riset dan penelitian yang alot juga praktek yang apik, dapat disimpulkan bahwa bahan diatas yakni tepung 250 gram dapat menghasilkan 10 biji Bakpao sebesar kepalan pengacara Pak Setya Novanto. Jadi bila bunda-bunda pingin lebih banyak bakpao lagi bisa ditambahkan bahan dengan mengkalikan bahan diatas dengan keinginan bunda-bunda. Semoga cara mudah membuat Bakpao Sehat ini bisa bermanfaat.

Salam Bakpao !

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top