22 November 2017

Kimchi Day di Google Doodle

Kimchi Day di Google Doodle - Hari ini Rabu 22 November ketika kita membuka Google akan nampak pada Google Doodle sebuah gambar sajian makanan persis seperti ketika ada perayaan ulang tahun. Telusur punya telusur ternyatagambar di Google Doodle tsb.adalah Kimchi, yakni makanan khas Korea sejenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Kubis merupakan sayuran favorit yang lazim dijadikan bahan baku utama Kimchi.

Kimchi Day di Google Doodle

Kimchi Day, sebegitu pentingkah bagi Google? Majalah Health Magazine memasukan Kimchi pada 5 Makanan Tersehat di Dunia. Kimchi tak semata enak namun Kimchi mengandung kadar serat makanan yang tinggi, namun rendah kalori karena dibuat dari berbagai jenis sayuran. Google melihat manfaat tak semata enak, bahkan salah satu sumber menyebutkan sesorang yang terbiasa memakan Kimchi bisa awet muda.

Kimchi Day Erend Net

Bila Google dengan Kimchi Day maka saya punya Liwet Day. Liwet juga bisa memberikan kita penyukanya awet muda karena di Liwet Day tsb.ada keceriaan. Pada liwet Day ada keceriaan juga kebahagian yang setiap momen-nya pasti berbeda, karena kecerian yang lahir di ajang Liwet Day bersipat spontan.

(Baca artikel terkait mengenai Liwet Day pada : Persib Day vs Ngaliwet Day)

Dalam ajang Liwet Day tak ada ari ataupun tanggal yang ditetapkan untuk perayaannya. Kapan saja, dan dimana saja kita mau maka disitulah lahir liwet yang enak dan menyehatkan yang siap untuk disantap. Lain halnya dengan Kimchi yang jatuh pada 22 November karena masyarakat dunia khusunya Korea pada tanggal ini sedang dibuat secara besar-besaran sepanjang bulan November dan Desember, untuk persiapan menghadapi musim dingin.

Namun Kimchi ternyata bukan hanya lezat untuk menjadi teman santapan berbagai hidangan. Namun dibalik sayuran terfermentasi ini ternyata tersimpan sejumlah manfaat yang sangat luar biasa. Seperti dilansir organicfacts, berikut ini adalah manfaat mengejutkan dari Kimchi :

1. Bernutrisi Tinggi
Kimchi bermanfaat untuk kesehatan, karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi. Diketahui, Kimchi rendah kalori, berserat tinggi. Makanan fermentasi ini kaya akan vitamin A, B1, B2, hingga vitamin C. Kimchi juga kaya akan asam amino, dan mineral seperti zat besi, dan juga kalsium.

2. Mengatur Kolesterol
Rutin mengonsumsi Kimchi dapat berdampak baik pada kadar kolesterol. Bawang putih yang digunakan untuk fermentasi Kimchi, kaya akan selenium dan Allicin. Selenium diketahui merupakan komponen unggulan yang membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga membantu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

3. Bersifat Antioksidan
Kimchi kaya akan antioksidan yang kuat. Sifat antioksidan yang dimiliki Kimchi membuatnya memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan oksidatif, dan juga melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

4. Menurunkan Berat Badan
Kimchi juga merupakan sumber bakteri lactobacillus sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Bakteri baik ini juga membantu menurunkan berat badan, dengan mengendalikan nafsu makan, serta mengurangi kadar gula darah.

Kandungan serat dalam Kimchi membuat tubuh anda kenyang, dan mencegah Anda untuk makan berlebih.

5. Anti Penuaan
Manfaat berharga lainnya yang diberikan Kimchi adalah ia berkontribusi pada kualitas anti penuaan. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya. Sebuah studi menunjukkan bahwa Kimchi mengurangi stres oksidatif dalam sel, dan menghambat peroksidasi lipid (kelompok molekul alami dalam tubuh) sehingga memperpanjang umur tubuh.

Sumber : Pikiran Rakyat Jabar

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top