1 November 2017

Kisruh Kemerdekaan Catalonia Meruncing

Kisruh Kemerdekaan Catalonia Meruncing - Keputusan Catalonia untuk merdeka dari Spanyol menuai kecaman dari berbagai negara termasuk Indonesia. Ratusan ribu pendukung Spanyol bersatu tumpah-ruah kejalan-jalan Barcelona berunjuk rasa tandingan untuk mendukung Spanyol bersatu.

Parlemen Catalan


Di kota Barcelona yang masuk wilayah Catalonia mereka justru tidak menyatakan dukungan bagi Catalonia merdeka, mereka menyatakan mendukung Spanyol bersatu. Menurut pengunjuk rasa deklarasi kemerdekaan Catalonia adalah penyataan sepihak. Pengadilan Spanyol menyatakan pemungutan suara referendum beberapa pekan lalu adalah ilegal.


Pernyataan sepihak kemerdekaan Catalonia pun tidak mendapat pengakuan dari Indonesia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan "Catalonia adalah bagian dari integral Spanyol, Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Catalonia".

Pengunjuk Rasa Spanyol Bersatu

Jumat lalu lautan warna yang berbeda memenuhi ruas-ruas jalan Barcelona. Pendukung pemisahan Catalonia dari Spanyol mengibarkan berdera-bendera Catalonia. Lagu kebangsaan Catalonia berkumandang di Parlemen Catalan Barcelona. Dalam pemungutan suara di parlemen 70 dari 135 wakil rakyat memilih merdeka dari Spanyol.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top