9 November 2017

Makna Busana Pernikahan Putri Presiden

Makna Busana Pernikahan Putri Presiden - Keragaman Suku Bangsa dan adat membuat Indonesia kaya akan seni dan warisan budaya. Salah satu bentuk nyata budaya Indonesia dapat kita temukan dari beragam pakaian adat dari beberapa suku yang mewakili provinsi-provinsi yang ada, tak terkecuali pada busana Pengantin.

Makna Busana Pernikahan Putri Presiden

Dunia pun sudah tahu bahwa busana pengantin tradisional khas nusantara tak tertandingi kharisma dan kekuatannya. Ragam jenis busana kaya warna sarat makna terhampar di seluruh Indonesia, dari itu maka Indonesia dsebut negara Super Power dibidang budaya dan seni.

Saat Presiden Jokowi Mantu pandangan kita pun tak luput dari pakaian yang dikenakan oleh keluarga besar bapak presiden tsb. Nach...bicara Busana Pengantin yang kemarin dipakai oleh keluarga pak Presiden Jokowi atas pernikahan putrinya Kahiyang Ayu, dari warna hingga motif jarik yang dikenakan ternyata punya makna tersendiri.

Tepat sehari sebelum akad nikah Kahiyang dan Bobby, keluarga besar Pak Jokowi mengadakan acara prosesi siraman, terlihat pak Jokowi dan kedua anak lelakinya mengenakan beskap Jawa lengkap dengan blongkon dan selop. Sementara Ibu Negara Iriana dan menantunya mengenakan kebaya dan sanggul modern. Motif Batik yang dikenakan saat prosesi siraman ini adalah motif batik kuno asli Solo.

(Baca artikel terkait : Serba Serbi Pernikahan Kahiyang dan Bobby)

Presiden dan Ibu Negara, Iriana mengenakan Batik Sidomukti yang mengandung makna Doa dan Pengharapan Kemulian. Sementara anak-anaknya mengenakan Motif Parang yang bermakna Kekuatan. Malam harinya Presiden Joko Widodo memilih warna pakaian hijau terang mengkilap dipadu dengan warna batik yang gelap sebagai busana keluarga mempelai perempuan yang bermakna keselarasan hidup dan harapan.

Disaat Akad Nikah Kahiyang dan Bobby semua mata tertuju pada busana serba hitam yang dikenanakan Pak Presiden dan kedua anak lelakinya. Hitam pertanda Wibawa dan Keluhuran Budi, sementara Ibu Iriana dan menantunya Selfi mengenakan busana warna keemasan dengan model putu baru, ditambah payet dibagian leher dan sematan bros dibagian dada, membuat mereka terlihat tampil cantik dan anggun.

Pemilihan busana menjadi satu hal penting dalam sebuah rangkaian upacara pernikahan. Ini juga yang mendasari keluarga Presiden memilih bahan beludru bernuansa hitam dengan sentuhan emas disejumlah bagiannya. Kahiyang Ayu tampil cantik dengan sanggul besar dan paes berwarna hijau lengkap dengan alis menjangan. Sementara Bobby Nasution mengenakan topi berwarna biru dengan dodot modifikasi dan beludru hitam berbordir emas.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top