19 November 2017

Mujair Nyat Nyat Kintamani

Mujair Nyat Nyat Kintamani - Ikan Mujair kalau kita bandingkan dengan kelas radio komunikasi mungkin Radio Yaesu FT-80 C. Yaesu FT-80C dikenal radio sejuta umat, banyak digemari karena murah dan bandel dikelasnya. Seperti halnya ikan Mujair, ikan ini di daerah Jawa Barat sana merupakan ikan tawar yang banyak disukai karena murah dan mudah di dapat. Rasanya tak ada kolam di daerah Jabar sana yang tidak ada ikan mujairnya.

Mujair Nyat Nyat Kintamani

Lepas dari hal diatas, ikan mujair ini menjadi satu ikan favorit admin. Mau dibakar, digoreng ataupun dipindang ikan mujair punya cita rasa yang khas dilidah. Pindang ikan mujair terenak didunia hanya buatan nenekku, sayang beliau nenek tercintakku sudah tidur panjang di alam baqa sana. Pindang mujair buatan nenek tak hanya enak sebagai lauk-pauk ketika makan, di tambul-pun tak menjadi bosan untuk terus mencicipinya. (Tambul bhs Sunda=memakan tanpa nasi).

Mujair Pindang Nenek

Sekilas sejarah mengenai Ikan Mujair menurut wikipedia: Ikan Mujair adalah sejenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi. Penyebaran alami ikan ini adalah perairan Afrika dan di Indonesia pertama kali ditemukan oleh Pak Mujair di muara Sungai Serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939. Meski masih menjadi misteri, bagaimana ikan itu bisa sampai ke muara terpencil di selatan Blitar, tak urung ikan tersebut dinamai ‘mujair’ untuk mengenang sang penemu

Mujair Nyat Nyat Kintamani
Wisata Kuliner kali ini adalah ke Danau Batur Kintamani Bali. Budidaya ikan mujair di Danau Batur menjadi primadona tersendiri bagi penyuka ikan mujair ini, karena ikan-ikan yang di budidayakan di danau ini punya rasa tersendiri, tentunya beda rasa dengan Ikan Sukabumi ataupun Ikan Ciamis yang terkenal di Jawa Barat.

Danau Batur Bali

Danau Batur berada di kawasan Gunung Batur, sebuah gunung berapi yang masih aktif. Alasan inilah yang dianggap masyarakat setempat menjadikan rasa ikan Danau Batur lebih istimewa. Dalam adat-istiadat Desa Batur Kintamani, lelaki dewasa diwajibkan memasak dalam setiap upacara adat. Karena itu tidak heran bila para lelaki Kintamani bisa mengolah masakan sendiri walau tidak ada upacara adat sekalipun.

Karena banyaknya Ikan Mujair di Danau Batur, masyarakat sekitar pun kerap mengolah menjadi makanan sehari-hari yang sangat khas dengan cita rasa Kintamani. Mereka menyebutnya Ikan Goreng Sambal Mentah dan Mujair Bumbu Nyat Nyat. Nach bila sobat mempunyai banyak Ikan Mujair di tempat sobat, lalu tertarik untuk membuat olahan Ikan mujair ala Kintamani ini. Silakan mengikuti caranya sebagai berikut :

Pertama-tama bersihkan ikan mujair dari segala kotoran, sebagaimana biasa membersihkan ikan. Setelah itu persiapkan bumbu-bumbunya seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jeruk limau, kencur, garam dan penyedap masakan.

Untuk membuat Sambal Mentah Ikan Goreng, pertama-tama iris cabai, bawang merah, bawang putih lalu masukan garam secukupnya. Langkah selanjutnya remas-remas dengan tangan bahan tadi yang sudah diiris hingga semua tercampur. Terakhir campurkan perasan air jeruk limau kedalam sambal mentah, aduk lagi hingga merata. Ikan mujair untuk sambal mentah ini digoerng hingga garing.

Cara Membuat Mujair Bumbu Nyat Nyat yaitu semua bahan bumbu dicampur menjadi satu lalu ditumbuk bersamaan. Yang menjadi khas bumbu nyat nyat ini adalah adanya kencur yang menjadi penambah rasa. Setelah bumbu selesai dibuat, ikan pun dapat diolah.

Untuk Ikan Mujair Bumbu Nyat Nyat pertama-tama ikan hanya digoreng setengah matang kemudian ditiriskan, lalu masukan bumbuNyat Nyat kedalam penggorengan yang sudah dikurangi minyaknya. Masukan air secukupnya hingga mendidih dan masukan kembali ikan mujair yang tadi digoreng setengah matang. Tunggu hingga matang dan siap disajikan.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top