11 November 2017

Ratu Pantai Selatan

Ratu Pantai Selatan - Sudah banyak kisahnya, sempat juga di Filmkan. Jadi Ratu Pantai Selatan atau Nyai Roro Kidul ini pastinya lebih tenar daripada CR7 lebih luas daerah kekuasaannya dari Donal Trump, orang Indonesia menyebutnya penguasa pantai Selatan. Ratu Pantai Selatan adalah sebuah legenda yang berkaitan dengan adanya sosok misterius penjaga wilayah perairan selatan Jawa.

Ratu Pantai Selatan
Gambar Ilustrasi Google

Keberadaan mitos yang ada kemudian diwariskan secara turun-temurun hingga kini. Meski belum tentu benar, mitos akan Ratu Pantai Selatan mengakar begitu kuat bagi sebagian masyarakat Jawa terutama para penganut Kepercayaan Kejawen. Beberapa versi muncul tentang Asal Muasal wanita cantik juga sakti mandraguna ini. 

Memang tidak diketahui secara pasti sejak kapan legenda Ratu Pantai Selatan ini dikenal, namun hingga kini masih menjadi sebuah misteri. Ada yang menyebut Sang Ratu Pantai Selatan dengan sebutan Kanjeng Gusti Ratu Kidul, ada pula yang menyebutnya dengan sebutan Nyai Roro Kidul.

Nyi Roro Kidul
Gambar Ilustrasi Google

Dikalangan masyarakat Sunda berkembang anggapan bahwa Ratu Kidul merupakan titisan seorang putri Pajajaran. Bagi masyarakat yang tinggal di Jawa Nyai Roro Kidul selalu dipercaya sebagai penguasa Laut Pantai Selatan. Mitologi Jawa menyebutkan Kanjeng Ratu Kidul ialah ciptaan dari Dewa Kapitelu yang ditugaskan untuk menjaga. Sedangkan Nyai Roro Kidul merupakan putri kerajaan Sunda yang diusir sang ayah karena ulah ibu tirinya.

Disebutkan pula cerita-cerita yang terkait antara Kanjeng Ratu Kidul dengan Nyai Roro Kidul bisa dikatakan berbeda fase tahapan kehidupan. Dalam keyakinan orang Jawa Kanjeng Ratu Kidul memiliki pembantu setia bernama (Nyai) Nyi Roro Kidul. Hal ini berdasarkan kepercayaan bahwa Kanjeng Ratu Kidul berusia jauh lebih tua dan menguasai perairan Pantai Selatan jauh lebih lama sebelum sejarah Kerajaan Pajajaran.

Dewi Nawang Wulan

Selain dalam Mitologi Jawa Kuno, versi lain di tanah Jawa yang beredar juga mengatakan bahwa Ratu Kidul merupakan Dewi Nawang Wulan. Disebutkan Dewi Nawang wulan adalah seorang dewi kahiyangan yang selendangnya dicuri oleh Jaka Tarub sehingga ia tdak bisa lagi kembali ke kahiyangan. Melihat hal tsb.Jaka Tarub memanfaatkan situasi dan pada akhrnya ia menikahi Dewi Nawang Wulan.

Dewi yang dikenal baik hati dan bijaksana itu dikutuk oleh Kerajaan langit karena sudah berani menikah dengan manusia, dimana hal tsb.sangat haram hukumnya bagi kerajaan langit. Akhirnya Dewi Nawang Wulan pun dikutuk menjadi sebangsa mahluk halus yang diperintahkan untuk menjaga pulau Jawa agar tidak tenggelam karena keganasan Samudra Hindia.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar

Terima kasih atas minat Anda terhadap Kotak Komentar ini.
Berkomentarlah sesuai topik.
Dilarang Keras menautkan Link !!!

Terbaru
Back to top